Blog Sebagai Media yang Unik


Berpuluh-puluh tahun lamanya kita mengenal Koran dan majalah sebagai sebuah Media Informasi cetak yang amat berpengaruh bagi perkembangan informasi. Tidak dapat dipungkiri memang media cetaklah yang membawa kemajuan berfikir serta pembentuk opini publik yang amat besar pengaruhnya.Lalu kemudian Internet muncul sebagai sebuah “trend” di era informasi yang amat cepat sebagai efek dari globalisasi yang sekarang tengah kita rasakan. Internet muncul, media informasi baru pun muncul yang sekarang memang tercepat diantara media-media konvensional yang lainnya. Salah satunya adalah blog.

Sebenarnya, Blog memang belum mampu memenuhi syarat sebagai media massa, karena sebagian besar blog yang ada di dunia maya ini bukan milik komunikator profesional yang memang ahli di bidangnya. Karena pada umumnya pemilik blog adalah individu dengan berbagai latar belakang. Akan tetapi BLOG MEMPUNYAI KEKUATAN. Kekuatan dalam hal apa? kekuatan dalam penyajian sebuah berita, apalagi trend microblogging sedang keren-kerennya saat ini.

Dari hal diatas inilah maka dapat dikatakan bahwa BLOG SEBAGAI MEDIA YANG UNIK. Blog bukanlah merupakan sebuah prduk jurnalistik profesional namun blog mampu menyampaikan pesan kepada khalayak luas secara cepat. Gaya bahasa dan etika penulisan blog juga lebih manusiawi, atau dapat dikatakan terserah si empunya blog mau menulis apa tapi tetap sesuai dengan norma dan sikap tanggung jawab blogger bersangkutan.

Dari keunikan-keunikan tersebut, blog bisa dikatakan juga sebagai pembawa kemajuan berfikir dan pembentuk opini publik. Blog juga mampu menjadi media yang aktual, walaupun jika kita flashback ke asal muasal diciptakannya blog sebagai tempat curhat dan aktualisasi diri kini mampu berubah sebagai media yang komunikatif dan terpercaya untuk masyarakat. Unik bukan??

22 Responses to Blog Sebagai Media yang Unik

  1. romailprincipe berkata:

    Saking uniknya ane sampe beli hostong di romailprincipe.com
    hehe

    salam kenal

  2. Agus Siswoyo berkata:

    Unik banget, sampai saya salah kira pemilik blog ini. Ternyata cowok ya, kirain cewek. Hehehe… Padahal sudah ikutan kontes menulis. Aduh, saya salah bikin profil kayaknya.

  3. mampir,
    artikelnya mantap,
    terima kasih linknya,
    link sobat juga sudah dipasang di :
    http://muliardybanun-online.com/link-exchange

    salam

  4. Iwan Kus berkata:

    setelah beberapa waktu baru kali ini bisa mampir

    sebuah blog jadi unik karena bloggernya juga unik 😀

  5. TuSuda berkata:

    Karena setiap narablog punya karakter khas, maka tampilan blog menjadi sangat unik, dan tambah menarik bila ada yang asyiik…

  6. Karena keunikan itulah sehingga saya nyangkut di blog . .hehe

    Ma’af baru bisa kunjung..
    Oia, linknya sudah saya pasang.

  7. Andre berkata:

    Blog sebagai ajang memecahkan unek-unek yang ada bro… Daripada stress,, ngeblog aja..hehe

  8. Fuvenanda berkata:

    Iya benar, semua blogger unik2 karena latar belakang mereka

  9. adizone23 berkata:

    blog merupakan sisi dari yang punya blog jadi setiap blog pasti unik2.. benar gak ya ? he

  10. Fuvenanda berkata:

    Ya bener mas.

  11. Nanang berkata:

    Kini ngeblog semakin mudah, makanya pelaku blog-pun dari semua kalangan pegawai pemerintahan, pekerja kantor, PNS, petani bahkan mungkin tuka jual sayur, disitu mungkin keunikannya.

Tinggalkan komentar