Ciri Tulisan Bagus


Mancari sebuah tulisan memang sangat mudah. Terutama dalam dunia maya ini, yaiyalah…dunia maya memang pasti dikuasai oleh tulisan-tulisan. Bisa diibaratkan begini, di dunia nyata penghuninya adalah manusia sementara dunia maya ini penghuninya adalah tulisan, ya gak? sekarang kembali ke topik yang akan diperbincangkan yaitu mengenai ciri tulisan bagus itu seperti apa? menulis memang mudah tapi menulis yang bagus itu juga gak gampang yakan?

Sebenarnya mengenai tulisan yang bagus setiap orang punya penilaian sendiri kan? nah sekarang ini adalah pandangan saya mengenai Ciri Tulisan Bagus:

1. Sesuai Fakta
Sebuah tulisan yang bagus tentu tidak bisa di buat asal begitu saja ya kan? tulisan tersebut harus mengandung kebenaran, tidak mengarang dan apa adanya. Jika penulis tidak berdasar pada kenyataan yang sesungguhnya, itu dapat membuat pembacanya menjadi sesat atau dalam kata lain “membodohi pembaca”.

2. Mengungkapkan Hal-Hal Baru
Tulisan yang mengungkap hal-hal baru biasanya akan lebih disenangi pembaca ketimbang tulisan yang itu-itu saja/tidak berkembang. Seperti dalam Penelitian Ilmiah dan tulisan hasil riset lainnya.

3 Topiknya Istimewa
Jika hal yang di bahas istimewa atau unik, pembaca akan lebih tertarik dan akan suka dengan tulisan anda.

Ciri-ciri diataslah yang menurut saya memenuhi kriteria tulisan yang bagus. Memang, saya hanya menuliskannya 3 siri saja karena menurut saya hal diatas sudah mencakup semua. Bagaimana ciri menurut anda pribadi?

14 Balasan ke Ciri Tulisan Bagus

  1. Apakah tulisan yang ini termasuk tulisan bagus?!
    Hal itu bergantung pada sudut pandang dari siapa yang memandangnya. Bagi pemula yang baru mengetahui tulisan sejenis ini, ini hal baru dan tulisan bagus. Namun bagi mereka yang sudah lebih dulu mengetahui dan memahaminya, tentunya tulisan ini biasa saja.
    Jadi, dalam pandangan saya, tulisan bagus dan tidak bagus itu relatif juga. Dan yang disebut sebagai mengungkap hal-hal baru juga relatif. Pepatah Arab mengatakan, “La jadidu tahta sama”, tiada yang baru di bawah langit (di bumi) ini, yang ada ialah modifikasi dari yang sudah ada sebelumnya.
    Selain itu, kadang tulisan itu-itu juga jika disajikan dengan metodebaru yang lebih menarik, maka tetap menyedot minat orang untuk membacanya🙂

  2. orange float mengatakan:

    tulisan yang bagus pun bukanlah tulisan hasil copy paste dari tulisan orang lain

  3. Arif R. mengatakan:

    setuju sama mas Erdien..😀

  4. Sebisa mungkin memang hasil karya sendiri. . .
    Untuk copas kalau menyebutkan sumbernya menurut saya tidak ada masalah…
    Saya baca di majalah2 dan tabloid terkenal banyak yg copas dan di cantumkan sumbernya juga karena mgkin pembaca belum tahu akan hal yang disampaikan…dan berita itu layak disampaikan

  5. ulfa mengatakan:

    Kalo metode “ATM” (Amati-Tiru-Modifikasi)gmana? boleh nggak???hehehe

  6. Agus Lenyot mengatakan:

    tulisan bagus, menurut saya relatif. tergantung kebutuhan dan minat. tapi kalau saya menilai tulisan bagus atau tidak, biasanya saya akan membaca tulisan itu dari awal sampai akhir. kalau berhenti di paragraf pertama artinya tulisan itu, tidak menarik (bukan tidak bagus) bagi saya..

  7. TuSuda mengatakan:

    Baik atau bagusnya tulisan tergantung dari banyak faktor, seperti yang telah dijelaskan diatas.
    Kadangkala dengan menambahkan unsur gambar atau foto pendukung sesuai tema tulisan, bisa menarik minat perhatian pembaca.

  8. nadiafriza mengatakan:

    umm saya kurang suka sama blog yg rada serius/berat.. kalo isi blognya curcol tapi ditulis dengan cara menarik pasti saya komenin deh🙂 yg penting ga copas, itu aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: