Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi


Apa situs microblogging yang nomor satu saat ini? semua orang pasti tertuju pada sebuah situs microblogging yang memiliki lambang burung berkicau, yaitu Twitter. Apa istimewanya twitter yang bahkan bisa mengalahkan jejaring sosial Facebook? Tampilannya yang sederhana dan juga hanya dibatasi 140 karakter saja mampu menjadikan Twitter sebagai situs microblogging terpopuler saat ini bahkan menjadi nomor 1 di negara Adidaya. Terutama bagi kalangan muda-mudi?

Dibuat oleh Biz Stone, Jack Dorsey dan Evan Williams pada 2006, Twitter membius dunia yang saat itu lagi demam situs microblogging yang bisa di isi Biodata Pribadi dan cara berteman dengan cara meng-add akun orang lain. Twitter ternyata tampil beda, Twitter benar-benar sederhana, hanya memberikan fasilitas pembaruan (tweet) dengan maksimum 140 karakter saja. Fasiitas pertemanannya pun menggunakan konsep Follow dan “ajaibnya” tidak dibatasi!! kita bisa memfollow berapapun orang yang kita inginkan dan di follow oleh berapapun jumlahnya, jutaan juga bisa (kalau kita terkenal). Dalam personalisasi dan cara registrasinya ternyata amat mudah dibanding jejaring sosial yang lain. Yang bisa di isikan dalam Twitter adalah nama lengkap, nick name yang di inginkan, foto profil dan alamat website. Sederhana banget kan??

Lalu apa yang dimaksud dengan Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi? karena kemudahan dalam update ditambah banyaknya aplikasi pihak ke-3 seperti TweetDeck, Domikado, UberTwitter, Twittai, Snaptu, Dabr atau juga milik Indonesia yaitu TuitWit, Twitter mampu menghadirkan informasi yang amat cepat yang dituliskan oleh peggunanya. Fasilitas Trending Topics atau topik yang paling banyak diperbincangkan menjadi salah satu ke istimewaan twitter, dan juga membuat kita tau isu terhangat. Topik dari Indonesia sering keluar masuk trending topik dari twitter yang menandakan bahwa pengguna twitter di Indonesia luar biasa banyaknya, seperti ketika uber & thomas berlangsung di Malaysia, ada 3 topik yang berhasil mejeng disana diantaranya adalah “Wasit Goblok” yang memang pada saat itu Indonesia dikalahkan Jepang di babak final, saya sendiri kaget.hehe

Pernah dengar RETWEET?? nah ini dia fasilitas yang paling keren sekaligus sensitif. Selain dapat mengulang tweet orang lain dan memberitahukannya pada Followers kita ternyata RT atau retweet mempunyai efek yang amat luar biasa. Hati-hati dalam mengupdate status di twitter. Kenapa? jika kita salah-salah update atau yang memancing kemarahan orang lain (kontroversial), tweet tersebut dapat “keliling dunia” tanpa kendali kita. Kenapa?? karena jika orang lain tertarik dan me-RT nya dan yang lain juga merasakan hal yang sama, tweet tersebut akan terus-menerus ter-RT bagai pesan beruntun di RT. Dan parahnya kita itu diluar kendali penulisnya karena dia gak mungkin bisa ngapus sementara itu tweet beserta nama dia sudah berjalan-jalan sehingga semua orang bisa liat. Parahkan??

Betapa hebatnya Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi, sehingga seakan-akan tak ada lagi batasan informasi yang kita konsumsi..sehingga efek dari globalisasi amat terasa pintar-pintar kita memanfaatkannya. Belum punya twitter? gabung dong..

Twitter Saya

4 Balasan ke Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi

  1. Asop mengatakan:

    Wah saya ga punya akun twitter.:mrgreen:

  2. Ifan Jayadi mengatakan:

    Akun twitter milik saya udah saya hapus. Soalnya menurut saya nih, twitter itu cocoknya digunakan oleh kalangan selebritis dan pejabat yang orang dengan tanpa susah payah bisa follow tanpa harus add atau confirm terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: