Mantan Blogger? Adakah?


Hal yang paling asyik selain daripada ngeblog adalah aktivitas blogwalking. Dengan blogwalking, kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita dan juga mempererat silaturahmi antar blogger sekaligus promosi.Bener gak? tapi ada juga kejadian-kejadian yang menarik dari pengalaman-pengalaman saya blog walking selama ini, slah satunya adalah saya sering menjumpai blog-blog yang mungkin dapat dikatakan sudah mati. Mati dalam hal apa? apakah bloggernya yang mati? (*horror) tapi yang saya maksud disini yang mati adalah kontennya.

Dari aktivitas blogwalking inilah saya dapat melihat bahwa banyak blog yang hanya melakukan sekali atau beberapa kali posting saja lalu terlantar di jagat maya, terutama yang hosting gratisan kalau yag berbayar rasanya jarang, Mati atau tidak sih sebenarnya saya tidak mengetahui secara pasti, yang jelas ciri-ciri yang saya katakan mati itu blog yang memang sudah tidak lagi melakukan update konten. Tahu dari mana? ya gampanglah ini dapat terlihat dari tanggal posting terakhirnya. Ada yang 2009,2008 dan kalau dibawah 2008 sudah jelas kadaluwarsa banget.hehe nah jika sudah berbulan-bulan bahkan tahunan itu blog tidak kunjung update kemanakah si empunya?

Kenapa tidak update lagi? mungkin ada beberapa penyebab seperti bikin blog untuk iseng-iseng, “nafsu” sesaat untuk membuat blog, tidak tahu cara membangun blog atau juga sudah tidak tertarik lagi di dunia blogging dan memilih untuk menjadi seorang MANTAN BLOGGER. Yap mantan blogger, pertanyaanya, adakah mantan blogger itu? apakah orang yang hanya melakukan sekali atau dua kali posting bisa dikatakan sebagai blogger? itu semua terserah persepsi anda masing-masing.

Blog-blog yang dibuat tidak secara asal-asalan atau postingan iseng belaka biasanya mempunyai beragam artikel yang menarik. Memang sangat disayangkan blog-blog seperti ini tidak dapat berkembang. Blog ini hanya meninggalkan “bangkai” tulisan yang tentu saja bisa menjadi santapan empuk blogger lainnya untuk melakukan Copy-Paste tanpa resiko di “labrak” atau dipermalukan oleh si empunya tulisan karena memang penulis aslinya sudah tidak mau tahu lagi bagaimana nasib karyanya itu.

Apakah anda tahu atau setidaknya pernah kenal dengan Mantan Blogger? banyak saya lihat di blogroll blogger-blogger ternama yang memasang link ke blog yang sudah mati. Jujur, mungkin bukan saya saja yang mengalami kalau mengunjungi blog yang tidak update lagi tuh rasanya hambar, posting terakhir maret 2010 saja rasanya tuh udah basi banget, penulisnya sudah menjadi mantan blogger atau belum saja tak ada yang tau, apakah hanya hiatus atau hibernasi mungkin. Pernah melihat blog yang punya artikel bagus tapi sudah mati? share di kolom komentar ya.🙂

12 Balasan ke Mantan Blogger? Adakah?

  1. kafaana mengatakan:

    blog saya yang pertama malah dibawa ke Amerika sama mbah Google. dan sekarang lagi merintis kembali lewat wordpress gratisan.

  2. Planet Reath mengatakan:

    banyak banget😦

    dan itu adalah milik teman blogger pertama saia, yang jadi acuan saat pertama kali ngeblog😦

    andai blognya dikasih ke saia:mrgreen:

  3. Antony 'hihia' Halim mengatakan:

    saya sendiri sebelum melakukan blogwalking dan memberi komentar biasanya memastikan apakah pemilik blog tersebut sudah mantan atau belum😀. cuma kadang kala tidak setiap orang selalu seperti itu. bisa juga tidak ada post selama 2 bulan karena memang orang tersebut sibuk dan tidak sempat mengurus blognya😀 namun kalo udah tahunan bisa langsung dikatakan wafat saya rasa😀

    oh iya salam kenal yah, maaf baru bisa berkunjung balik sekarang. kalo tidak keberatan kapan2 maen lg yah ke blog saya di http://hihia.wordpress.com. ditunggu loh kunjungannya😀

    sukses selalu yah untuk blognya.

  4. deeriee mengatakan:

    blogwalking🙂
    hhaha, pernah waktu itu blog saya gak update selama satu bulan, pengunjung jd berkurang, hehehe

    btw, tukeran link yaa, link blog ini udah dipasang di http://deeriee.wordpress.com

  5. Asop mengatakan:

    Wah, harus selalu update!! ^__^🙂

  6. meishaa mengatakan:

    oiya…ngeblog di kompasiana asikk lho😀

  7. kang ian mengatakan:

    mungkin yang punya udah punya mainan baru..
    ini juga saya kalau udah punya bini..g mungkin pacaran terus sama kompi dan lappy hihi
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: