Kelebihan Blog Dibanding Media Cetak


Sebuah pemikiran sederhana timbul dibenak gue yang baru mau menginjak umur 18 tahun ini mengenai apa Kelebihan Blog di Banding Media Cetak, sehingga blogpun mampu menggeser peranan Media Masa konvensional seperti Koran ataupun majalah sebagai sumber informasi tradisional. Kenapa banyak orang yang suka membaca blog?? apa saja keunggulan dari blog itu sendiri dibanding dengan media informasi lainnya?? dari pertanyaan-pertanyaan sederhana inilah gue berupaya mendapatkan jawabannya yang bisa anda simak berikut ini.

Di zaman yang modern ini, pertumbuhan internet amatlah sangat cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kemudahan akses inilah yang membuat kita saat ini menjadi cepat bahkan bisa dibilang amat sangat cepat mendapatkan informasi/berita tak terbatas dari manapun juga selama masih terjamah oleh internet. Tinggal mengetikkan keyword yang kita inginkan pada search engine lalu muncul informasi terkait yang kita butuhkan hanya dengan beberapa kali kedipan mata. Hal inilah yang membuat BANYAK orang suka bahkan butuh akan keberadaan blog.

Beberapa kelebihan blog dibanding media cetak adalah…

Blog Lebih Bersifat Alami

Kenapa alami?? kerena apa yang dituliskan dalam sebuah blog adalah pemikiran, pendapat atau juga pandangan dari pemilik blog itu sendiri. Blog merupakan sebuah wadah yang menampung aspirasi penulis sehingga informasi yang di berikan dalam sebuah blog “tidak ada yang disembunyikan” karena murni dari apa yang dilihat/diketahui oleh sang empunya blog tersebut. Tentunya akan berbeda antara pandangan blog dengan pandangan sebuah media masa misalnya koran yang memungkinkan untuk bisa dipengaruhi pihak manapun demi menjaga nama baik Media Masa bersangkutan.

Blog Lebih Cepat Menyediakan Informasi

Karena posting di blog tidak membutuhkan waktu yang lama (karena tidak harus melewati proses pengkajian data, editing bahkan percetakan) sehingga membuat informasi di dalam sebuah blog dapat kita konsumsi dengan cepat apalagi banyak blog kini sudah dilengkapi dengan RSS Feed yang memungkinkan kita untuk mengetahui posting terbaru secara cepat melalui surel atau lainnya.
Jadi intinya kita tidak perlu harus menjadi bagian dari insan media untuk menyajikan informasi bermanfaat untuk orang lain.

Blog Lebih Interaktif

Apakah kita bisa mengomentari artikel pada sebuah media masa cetak secara langsung?? tentu tidak. Kita tidak bisa protes, menyampaikan aspirasi dan menambah informasi yang kita ketahui. Disinilah peranan Blog amat besar karena memungkinkan pembacanya untuk turut aktif, kritis dan berperan dalam pengembangan sebuah informasi melalui Kotak Komentar. Sehingga terjadi komunikasi dua arah antara penulis dengan pembaca yang dapat saling menguntungkan demi kemajuan bersama.

Dari beberapa alasan diatas, blog mempunyai banyak kelebihan. Namun memang sesuatu hal mempunyai kekurangan dan kelebihan. Ada yang mau menambahkan dalam kotak komentar dibawah ini?? silahkan..

19 Balasan ke Kelebihan Blog Dibanding Media Cetak

  1. Agus Siswoyo mengatakan:

    Blog memang unggul di bidang kecepatan penyebaran informasinya. Selain itu, pengelolaan blog menjadi sangat personal sesuai karakter pemiliknya.

  2. dismas not dimas mengatakan:

    bener banget bro. Yang paling krasa ya itu. komunikasi 2 arah. dah gitu untuk diskusi lebih enak.

  3. jamalonline mengatakan:

    Blog itu bisa kita ibaratkan sebagai FAQ maupun kamus online

  4. TuSuda mengatakan:

    Ada kepuasan yang tidak terkira nilainya, bila mampu mengelola blog dengan baik serta ada interaksi saling mendukung bersama sahabat narablog dan dengan pengunjung blog lainnya.

  5. mastyodion mengatakan:

    I Love blog…hehehe…

  6. andry sianipar mengatakan:

    hello-
    benar banget tuh,,,,,,,,
    blog lebih disukai karena lebih aktula dalam penyajian informasi….dibandingkan media cetak lainnya.

  7. Erdien mengatakan:

    Ya interaktif itu yang sangat terasa. Bahkan karena alasan interaktif, walau masih di arena blog juga, saya berpindah dari blog flatform Blogspot ke WP, karena WP lebih interaktif dengan adanya fitur reply di kolom komentarnya😀

  8. ilham mengatakan:

    kelebihan lebih murah mengakses dan lebih cepat peredarannya. misal sambil BW kita tentu saja membaca artikel sang blogger tersebut khan?otomatis ilmu yang ada didalam artikel itu terserap bahkan dapat langsung diaplikasikan dan tentunya buanyak banget informasi yang terkandung dalam media bernama BLOG.salam

  9. Ahmad IM-bisnis mengatakan:

    kunjungan balik nih sob…

    blog seakan melewati dimensi ruang dan waktu

  10. herlina mutmainah mengatakan:

    dengan blog jadi irit kertas,…. tapi boros bandwith hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: