Cara Memberikan Kekuatan Tulisan


Bagaimana sih cara memberikan kekuatan dalam sebuah tulisan? kekuatan apasih maksudnya? gue disini bakal ngejelasinnya pelan-pelan (biar selamat). Gue mau nanya apa jadinya jika dalam sebuah tulisan tidak ada sebuah “magic”/kata-kata mantra/daya pikat? pasti yang terlihat hanyalah tulisan-tulisan biasa yang hanya sekilas dibaca dan kemudian ditinggalkan begitu saja sehingga informasi tidak tersalurkan dengan baik kepada para pembaca.

Oke gue ambil contoh ngeblog, pada posting pertama kali kita di blog pertama kita biasanya kekuatan dari sebuah tulisan yang dihasilkan belumlah muncul, terlebih bagi mereka yang jarang menulis. Biasanya, seorang blogger newbie pasti bingung akan cara bagaimana tulisan yang dibuat dapat terlihat menarik (wajar).

Yang pertama kali harus diketahui adalah KARAKTER TULISAN. Karakter tulisan adalah cara kita dalam penyampaian inti tulisan. Setiap orang mempunyai cirinya tersendiri. Karakter tulisan, memang tidak akan datang dengan sendirinya semua butuh proses. Seorang blogger atau penulis professional sekalipun belum bisa memberikan sebuah “aura” pada tulisan pertama mereka, pasti butuh waktu. Apa yang perlu dilakukan untuk menghadirkan kekuatan tulisan kita?

Membaca, adalah bagian terpenting dari sebuah “pencarian” jati diri dan ciri khas tulisan kita. Dengan banyak membaca blog orang lain, majalah atau koran sekalipun (bungkus gorengan juga bisa) kita dapat memahami bagaimana suatu tulisan dapat mempunyai sebuah “sihir” yang memanggil-manggil para pembaca (*serem ya).

Menganalisis bacaan perlahan-lahan. Pelajari bagaimana cara sang penulis mentransfer ilmu kepada kita, menyampaikan informasi/mengutarakan pendapatnya, kemudian bagaimana ia merangkai kata demi kata sehingga menjadi paragraf padu yang efisien.
Jika kita telaah baik-baik, setiap tulisan yang bagus biasanya memiliki sebuah judul yang padat dan mencerminkan isi dari tulisan. Kemudian coba perhatikan kalimat awal dari artikel tersebut, lihat bagaimana sang penulis “menggoda” pembaca untuk terus membaca hingga tuntas.

Hal tersebut tidaklah sulit, lo bisa mencobanya dengan “bertanya” pada awal tulisan lo. Misal, “Taukah kamu cara blablabla??” jika sudah dipancing demikian merekapun akan tertarik dan mereka akan menemukan jawaban dari pertanyaan lo didalam isi artikel. Begitulah kira-kira awalan tulisan yang bisa lo terapkan. Gak usah terburu-buru, jangan dipaksakan karena semua pasti mengalir sehingga kekuatan tulisan loe akan terbentuk dengan sendirinya. Yang paling penting dalam menulis adalah lo jangan “nulis buat diri sendiri” tapi lo nulis buat diri lo dan orang lain.Selamat berkarya!!

8 Balasan ke Cara Memberikan Kekuatan Tulisan

  1. romailprincipe mengatakan:

    Wah, mantap nih tulisannya..
    moga sama-sama bisa memiliki kekuatan tulisan ya..

  2. Arief Rizky Ramadhan mengatakan:

    unik adalah salah satu cara untuk menjadikan artikel kita kuat…

  3. Fuvenanda mengatakan:

    Bener banget bro! Makasih udah mampir

  4. MASSTYO mengatakan:

    artikel yang jujur dari hati dan original sbg brand image kita mas…
    salam kenal…mampir yah klo jalan2.

  5. Fuvenanda mengatakan:

    Hokeh mas! Terima kasih banyak udh mampir.

  6. Itsna Hikmatul Maula mengatakan:

    Keren nich artikelnya…
    Berkunjung balik…
    Salam kenal tuk pemilik blog dan semuanya…๐Ÿ™‚

  7. Fuvenanda mengatakan:

    Iya sama2. . Senang udah dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: