Perbedaan Blog Dengan Situs



Apasih bedanya blog dengan situs?? Pemikiran ini muncul ketika gue mulai membandingkan antara blog dengan situs/website, gue dulu benar-benar gak tau sama sekali dan acuh terhadap hal ini. Kalau dulu nih sebelum terjun di dunia blog ini, gue barasumsi bahwa kalau yang ada di internet itu adalah situs dan segala informasi/tugas yang gue dapatkan itu ada di dalam internet yang notabene semua adalah situs. Mungkin pemikiran gue ini sempet “kebuka” ketika gue bisa menyatakan blog itu pasti diakhiri dengan wordpress.com atau blogspot.com dan situs blog gratisan lainnya. Tapi ketika gue mulai tau yang namanya hosting berbayar, domain dan sebagainya disitulah behind the scene dunia maya ini mulai “terkuak”.

Nah dari misteri itu gue mempunyai beberapa kesimpulan yang menjelaskan bahwa;

Sebuah situs biasanya dikelola oleh beberapa orang, perusahaan/sebuah institusi yang juga mempunyai beberapa maksud yang diantaranya untuk memudahkan pengunjung mendapatkan info mengenai sesuatu atau juga mengenai bisnis yang berkaitan dengan institusi (ex: Situs Universitas) /orang tersebut (ex: situs presiden) nah untuk isi kontennya sendiri biasanya stagnan dan jarang melakukan update, biasa hanya melakukan update kecil-kecilan dari segi pemakaian bahasa juga bersifat formal/baku. Dari semua itu cara gampang mengetahuinya adalah di bawah konten/artikel TIDAK ADA KOLOM KOMENTAR.

Nah untuk blog itu sendiri terdiri dari yang gratisan dengan domain diakhiri (“situsblog”.com) atau juga yang berbayar http://www.”namablog”.com. Dikelola mayoritas oleh perseorangan, nama domain juga menggunakan nama yang bersangkutan. Untuk kontennya sendiri biasanya up-to-date, dari segi bahasa itu terserah sang pemilik. Isi konten beragam sesuai minat dan bakat penulis bisa curhat, tips trik dan juga sharing informasi. Didalam blog pasti ada kolom komentar, dunianya juga dipenuhi oleh aktivitas blogwalking, tukeran link, kopi darat antar sesama blogger yang tentu tidak dapat dijumpai dalam dunia website.

setelah saya memberikan kesimpulan tersebut sayapun mulai berfikir betapa hebatnya seorang blogger yang mau berbagi dengan orang lain dan memberi manfaat yang tak terbatas kepada sesama.Happy Blogging!

About these ads

6 Balasan ke Perbedaan Blog Dengan Situs

  1. djuyadi mengatakan:

    Halo…
    Nimbrung ya…

    Sebenarnya situs (site) itu adalah nama generik (nama umum). Dalam bahasa kita mungkin boleh diterjemahkan ‘tempat’. Website berarti tempat di web. Jadi baik website maupun blog (weblog) adalah site (situs) di web. Coba bandingkan penggunaan kata ‘situs’ (site) untuk ‘situs bersejarah’ misalnya, yakni ‘tempat’ dimana terdapat sesuatu yang bernilai historis. Bisa lebih mudah bukan?

    Dulu kita hanya menggunakan istilah website. Lalu muncul blog (weblog). Yang membedakan keduanya, terutama adalah soal interaktifitas. Seperti ditulis pada post ini “Didalam blog pasti ada kolom komentar,” Memang inilah salah satu ciri utama blog, ada kolom komentar. Artinya, isi blog bisa berasal dari pemirsanya, tidak seperti website yang isinya hanya dituangkan oleh pengelolanya. Pemirsa website hanya bisa membaca apa yang disajikan oleh pengelola dan tidak bisa menyampaikan reaksi atas apa yang dibacanya. Berbeda sekali dengan blog.

    Komunikasi antara pengelola website dan pemirsanya cenderung satu arah. Pada blog, komunikasi berlangsung timbal balik, dua arah.

    Mungkin yang lebih tepat, atau paling tidak lebih mudah membedakan website dengan blog dari segi penyebutannya adalah kita sebut website dengan static site (situs statis). Tetapi baik static site maupun blog, keduanya adalah website, situs atau tempat di web.

    Salam

  2. Agus Siswoyo mengatakan:

    Agus Siswoyo.Com itu blog atau situs ya?
    Saya juga bingung. Yang menulis artikel lebih dari 20 orang tuh.
    hehehe…

  3. vanayya mengatakan:

    aku mampir nih ;) .. nice artikel :) .. tapi sebenarnya web bisa dibuat kolom komentar kok, forumn atau apapun sesuka hati qta, tapi yaitu bayar .. bayar programernya trs byr hostingnya .. wkwkwk.. klo blog kan kebykan gratis :) :) ..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: